116 S2 Kajian Penelitian Pendidikan Fisika [MADE/BHI]

  • Tujuan perkuliahan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi hasil penelitian dan problematika dalam pendidikan fisika berdasarkan pada jurnal nasional dan internasional bereputasi dan terbaru yang terbit dalam lima tahun terakhir. Topik yang dibahas meliputi: perkembangan issue, tren, dan permasalahan dalam pendidikan fisika serta solusi yang ada berdasarkan hasil kajian jurnal. Kajian dilakukan dari berbagai aspek meliputi kurikulum, proses pembelajaran, model/metode pembelajaran, penilaian hasil belajar, penelitian, media, dan penerapan pembelajaran berbasis ICT, serta kebijakan pemerintah di bidang pendidikan.
  • Di akhir perkuliahan mahasiswa akan dibimbing untuk menghasilkan makalah studi literatur tentang suatu topik dalam pendidikan fisika. Untuk itu perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning sehingga diharapakan dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan keilmuan, profesionalitas, dan melakukan penelitian yang berkualitas. 


116 S2 Elektrodinamika Lanjut (ESMAR/MANGASI)

  • Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib yang membahas konsep-konsep esensial elektrodinamika dan penerapannya secara lebih mendalam. Pembahasan meliputi fenomena kelistrikan, kemagnetan, induksi elektromagnetik, radiasi gelombang elektromagnetik dan interaksinya dalam bahan. Selain itu juga dibahas bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari- hari dan teknologi saat ini. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Penguasaan terhadap kajian ini akan membantu mahasiswa dalam meningkatkan keilmuan, mengikuti perkuliahan keilmuan terkait lainnya, dan mengembangkan dirinya secara profesional di bidang pendidikan fisika.

116 S2 TI dan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika (BHI/FIRMANUL)

  • Perkuliahan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan dan keterampilan dalam membangun sistem multimedia pembelajaran fisika. Topik pembahasan meliputi: (1) TIK dalam pendidikan: infrastuktur TIK, e-learning system, teknologi pendidikan berbasis TIK; dan (2) Pengembangan multimedia pembelajaran: pengantar multimedia, produksi konten multimedia, representasi data multimedia, penyimpanan dan pengambilan data multimedia, jaringan multimedia, dan distribusi multimedia. Perkuliahan dilengkapi dengan praktikum untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa bagaimana mendesain dan memproduksi multimedia yang sesuai dengan karakteristik siswa. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case- and project-based learning. Melalui perkuliahan ini diharapkan mahasiswa akan terampil dan mampu menciptakan karya inovatif dan teruji melalui pengembangan pengetahuan di bidang pendidikan Fisika. 

116 S2 Asesmen Pembelajaran Fisika [YETTI/HADI]

  • Perkuliahan ini bertujuan membahas konsep evaluasi, pengukuran dan penilaian berbasis kelas, bagaimana menyusun dan mengembangkan rencana penilaian, mengembangkan instrument test dan non test, menganalisis data evaluasi dengan memanfaatkan teknologi, serta menafsirkan hasil penilaian untuk membuat kebijakan dan perbaikan mutu pembelajaran fisika di kelas. Topik yang dibahas meliputi: paradigma assesmen kompetsi minimal; prinsip-prinsip penilaian; validitas dan reliabilitas hasil penilaian; bias dalam penilaian; menerapkan penilaian alternatif dan mengembangkan instrumennya; mengembangkan dan menganalisis penilaian diagnostik; menyusun, mengadministrasikan, dan memperbaiki penilaian di kelas; evaluasi dan grading perkembangan siswa dan penilaian kemajuan siswa di kelas. Secara praktis mahasiswa akan dilatih dalam projek terbimbing mendesain instrumen penilaian pembelajaran fisika di kelas. Untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa maka perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-besed dan project-based learning. Melalui perkuliahan ini diharapakan mahasiswa akan mampu meningkatkan pengetahuan lanjutan dalam keilmuan dan mengembangkan profesionalitas dirinya di bidang pendidikan fisika.

116 S2 Fisika Modern Lanjutan [Iwan]

  • Mata kuliah ini membahas keterbatasan mekanika klasik dalam menjelaskan dinamika sistem mikroskopik dan bagaimana konsep-konsep teori relativitas khusus dan fisika kuantum menjelaskannya. Materi yang dibahas meliputi (1) Teori relativitas khusus: Kerangka inersia, transformasi Lorentz; energi, massa, dan momentum relativistik, pengantar teori relativitas umum; (2) Mekanika kuantum: Dualisme gelombang-partikel, persamaan Schroedinger dan aplikasinya, atom hidrogen, atom berelektron banyak, mekanika statistik; zat padat, nuklir dan radioaktivitas, partikel elementer. Perkuliahan menekankan pada aspek strategi pengajaran dan alat bantu yang diperlukan, khususnya untuk pembelajaran fisika di sekolah tingkat menengah.

116 S2 Statistika Pendidikan (FCW)

Mata kuliah ini bertujuan membahas teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial serta interpretasinya. Topik yang dibahas meliputi: konsep dasar statistik, teori kesalahan, statistika deskriptif, distribusi probabilitas, teknik sampling, pengujian hipotesis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, analisis regresi dan korelasi, analisis variansi, analisis kovariansi, analisis jalur, dan model persamaan struktural (SEM). Mahasiswa juga akan belajar melakukan pengolahan dan analisis data menggunakan perangkat lunak khusus sehingga akan membantu mereka dalam kegiatan penelitian secara praktis. Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan case-based learning. Penguasan terhadap materi perkuliahan ini akan membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian yang berkualitas.