S2 | Teknologi Informasi dalam Pendidikan Fisika (121, BHI)

Deskripsi
  • Mata kuliah ini membahas pemanfaatan teknologi informasi dalam pengajaran dan pembelajaran fisika. Mahasiswa akan mempelajari berbagai alat dan metode teknologi yang dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika, serta mengembangkan keterampilan dalam merancang dan menerapkan pembelajaran berbasis teknologi.
Tujuan Pembelajaran
  • Memahami peran teknologi informasi dalam pendidikan fisika
  • Menggunakan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras untuk pengajaran fisika
  • Merancang pembelajaran fisika berbasis teknologi
  • Mengintegrasikan teknologi dalam penilaian pembelajaran fisika
  • Mengevaluasi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran fisika
Metode Pembelajaran
  • Kuliah tatap muka
  • Praktikum di laboratorium komputer
  • Diskusi kelompok
  • Proyek individu dan kelompok
  • Presentasi mahasiswa

Penilaian

  • Tugas dan proyek: 40%
  • Ujian tengah semester: 25%
  • Ujian akhir semester: 25%
  • Kehadiran dan partisipasi: 10%

Referensi

  • Redish, E. F. (2003). Teaching Physics with the Physics Suite. Wiley.
  • Mellema, S. (2001). A Physics Teacher's Guide to the Digital World. American Association of Physics Teachers.
  • Artikel-artikel terkini dari jurnal Physics Education, American Journal of Physics, dan Journal of Science Education and Technology.