Kajian Penelitian dan Problematika Pendidikan Fisika 114 - IMA & FCW

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi hasil penelitian dan problematika dalam pendidikan fisika berdasarkan pada jurnal nasional dan internasional terbaru (5 tahun terakhir). Topik yang dibahas dalam mata kuliah ini, antara lain: perkembangan issue, tren, dan permasalahan dalam pendidikan fisika serta solusi yang ada berdasarkan hasil kajian jurnal. Kajian dilakukan dari berbagai sisi meliputi kurikulum, proses pembelajaran, model/metode pembelajaran, penilaian hasil belajar, penelitian, media, dan penerapan pembelajaran berbasis ICT, serta kebijakan pemerintah di bidang pendidikan. Di akhir perkuliahan mahasiswa menghasilkan makalah kajian pustaka tentang suatu topik dalam pendidikan fisika.

 

Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran mandiri, menggunakan berbagai media dan fasiltas seperti LCD projector, video, dan e-learning system menggunakan epsilon pada laman: https://epsilon.smart-unj.id/. Ketercapaian panguasaan materi dievaluasi melalui pekerjaan rumah, tugas kelompok, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS). Sumber belajar yang digunakan meliputi buku teks, media pembelajaran online, dan e-learning system.


Evaluasi dalam Pembelajaran Fisika-Yetti 114

Perkuliahan ini bertujuan membahas konsepsi evaluasi dan penilaian berbasis kelas, bagaimana menyusun dan mengembangkan rencana penilaian, mengembangkan instrumen, menganalisis, dan menafsirkan hasil penilaian untuk membuat kebijakan dan perbaikan mutu pembelajaran fisika di kelas. Topik yang dibahas meliputi: paradigma penilaian kelas dalam melakukan perubahan; validitas dan reliabilitas hasil penilaian; bias dalam penilaian, menerapkan penilaian alternatif dan mengembangkan instrumennya; mengembangkan dan menganalisis penilaian diagnostik; menyusun, mengadministrasikan, dan memperbaiki penilaian di kelas; evaluasi dan grading perkembangan siswa dan penilaian kemajuan siswa di kelas. Secara praktis mahasiswa akan dilatih dalam projek terbimbing mendesain instrumen penilaian dan evaluasi pembelajaran fisika di kelas.


BHI-S2 TI dalam Pembelajaran Fisika 114

  • Teknologi Informasi yang sangat pesat dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pendidikan secara luas, baik dalam manajemen maupun proses pembelajaran. Di bidang manajemen, Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi dan keunggulan kompetitif institusi. Sedangkan dalam proses pembelajaran, Teknologi Informasi dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif, memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, dan mendukung “merdeka belajar” sebagaimana yang tengah digagas oleh pemerintah.

 Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa terhadap penggunaan teknologi, khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) untuk pengajaran dan pembelajaran fisika. Berbagai topik akan dibahas dalam perkuliahan ini, antara lain meliputi: pendidikan abad ke-21, perkembangan teknologi informasi, peran teknologi informasi dalam pendidikan, sistem informasi manajemen pendidikan, teknologi informasi untuk pembelajaran, e-learning dan aplikasinya, pengembangan media pembelajaran, tren teknologi informasi dalam pembelajaran. Pada matakuliah ini mahasiswa juga dilibatkan secara praktis dalam pengembangan e-learning system dan pendistribusiannya.

Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran mandiri, menggunakan berbagai media dan fasiltas seperti LCD projector, video, dan e-learning system. Ketercapaian panguasaan materi dievaluasi melalui pekerjaan rumah, tugas kelompok, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS). Sumber belajar yang digunakan meliputi buku teks, media pembelajaran online, dan e-learning system.


Statistika Pendidikan-FCW/ASB 114

Mata kuliah ini dirancang untuk membahas konsep statistika yang diterapkan dalam penelitian pendidikan. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman akan kegunaan statistik dalam penelitian pendidikan serta melatih mahasiswa untuk melakukan kajian-kajian terhadap data-data statistik untuk membuat kesimpulan-kesimpulan. Kemampuan dan pengalaman ini diharapkan dapat digunakan oleh mahasiswa dalam melakukan analisis data untuk kepentingan penelitian dalam penulisan Tesis.

 Mata kuliah ini bertujuan untuk membahas teknik analisis data pada penelitian pendidikan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial serta interpretasinya. Topik yang dibahas meliputi: konsep dasar statistik, teori kesalahan, statistika deskriptif, distribusi probabilitas, teknik sampling, pengujian hipotesis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, analisis regresi dan korelasi, analisis variansi, analisis kovariansi, analisis jalur, dan model persamaan struktural (SEM). Mahasiswa juga akan belajar melakukan pengolahan dan analisis data menggunakan software khusus.

 Perkuliahan akan dilaksanakan dengan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pembelajaran mandiri, menggunakan berbagai media dan fasiltas seperti LCD projector, video, dan e-learning system menggunakan epsilon pada laman: https://epsilon.smart-unj.id/. Ketercapaian panguasaan materi dievaluasi melalui pekerjaan rumah, tugas kelompok, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS). Sumber belajar yang digunakan meliputi buku teks, media pembelajaran online, dan e-learning system.